Berapa kenaikan gaji pns tahun 2016?

By On Saturday, September 26th, 2015 Categories : Hot News

Berapa kenaikan gaji pns tahun 2016?

Salah satu hal yang sering menjadi perbincangan bagi pegawai negeri sipil adalah tentang kenaikan gaji pada tahun berikutnya, apakah akan ada kenaikan gaji bagi PNS di tahun 2016?

Berapa kenaikan gaji pns tahun 2016?

Berapa kenaikan gaji pns tahun 2016?

Hal ini sebenarnya sudah dirancang oleh pemerintah dengan mempersiapkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) untuk periode 2016. Salah satu yang ditunggu aparatur negara dari rancangan ini adalah terkait anggaran kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI dan Polri.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam kenaikan gaji PNS adalah melihat pertumbuhan ekonomi di tahun 2015, pertumbuhan ekonomi sudah bisa mencapai di atas 6%. Namun bila melihat hingga pertengahan 2015 sulit untuk terealisasi pertumbuhan ekonomi sebesar itu, pemerintahan baru masa langsung naikkan gaji. Nanti kita lihat 2016-2017 apakah pertumbuhan ekonomi bisa mencapai di atas 6%, fiskalnya baik, ya baru ada pertimbangan,” katanya.

Keinginan untuk fokus pada pembangunan infrastruktur sudah diawali ketika APBN Perubahan 2015. Pemerintah mencabut subsidi premium dan menerapkan skema subsidi tetap untuk solar. Sehingga menyisakan banyak dana yang kemudian dialihkan ke proyek-proyek infrastruktur.

Berapa kenaikan gaji pns tahun 2016? Di tahun ini gaji PNS rata-rata hanya naik 6%, sedangkan pencairannya baru dilakukan Juli atau dirapel sejak Januari 2015.

Selain itu pada tahun 2016 mendatang, pemerintah memastikan akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pegawai negeri sipil (PNS) dengan besaran satu kali gaji pokok.

Dengan demikian, selain mendapatkan gaji ke-13 dan pendapatan setiap bulan, para PNS juga akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Sabtu (15/8/2015).

Hal tersebut disampaikan Bambang pada keterangan resmi mengenai Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015.

Bambang mengatakan dengan diberikannya THR tersebut, penghasilan bersih atau “take home pay” PNS dalam satu tahun akan jauh lebih meningkat dibanding 2015.

Baca juga: Besar gaji UMR DKI jakarta Tahun 2015

Berapa kenaikan gaji pns tahun 2016? | Admin | 4.5
Leave a Reply