NASA temukan air di planet mars, ada kehidupan?

By On Wednesday, September 30th, 2015 Categories : Hot News

NASA temukan air di planet mars, ada kehidupan?

Peneliti bidang luar angkasa atau sering dikenal dengan nama NASA kembali menemukan fakta yang sedikit mengejutkan, yaitu dengan ditemukannya air pada planet merah tersebut.

NASA temukan air di planet mars, ada kehidupan?

NASA temukan air di planet mars, ada kehidupan?

Untuk meneliti lingkungan planet mars, NASA menggunakan alat bernama CRISM yang terpasang di satelit Mars Reconnaisance Orbiter. Sayangnya, karena jaraknya sangat jauh dengan Bumi, alat tersebut hanya bisa dioperasikan setiap pukul 3.00 sore waktu Mars. Waktu tersebut adalah waktu yang sangat tak tepat karena Mars dalam kondisi terkeringnya, sehingga air diperkirakan telah menguap.

Meskipun demikian, jejak kimiawi dari proses penguapan air di Mars masih bisa dilacak, dan ternyata endapan garam tersebutlah yang merupakan bukti keberadaan air di Mars. Dalam penelitiannya, Ohja juga menemukan bahwa endapan garam tersebut mengandung molekul air di dalamnya, sehingga bukti bahwa air ada di Mars semakin nyata, salah satu tempat yang dimungkinkan adanya air pada planet mars adalah di kawah hale.

NASA temukan air di planet mars, ada kehidupan?

kawah hale, image source: NASA

Garis-garis hitam yang gelap, sempit dan membentang sejauh 100 meter yang mengalir menuruni bukit di Mars ini terbentuk oleh aliran air yang mengalir pada saat ini. Sementara warna biru menunjukkan kehadiran mineral piroksin.

Tetapi sampai berita ini diturunkan NASA belum berani untuk mengambil sampel air yang ada di planet Mars tersebut dikarenakan adanya aturan Outer Space Treaty yang melarang robot atau manusia mengambil sampel dari planet lain, karena air yang ada di planet tersebut bisa saja mengandung microba dan yang ditakutkan adalah jika microba tersebut terbawa sampai ke bumi, microba bisa saja menempel pada badan robot.

Mengingat air merupakan sumber kehidupan hal inilah yang menjadi acuan para ilmuwan, namun belum dipastikan kehidupan disana dalam bentuk manusia cerdas layaknya di bumi, tetapi bisa saja dalam bentuk bakteri atau microba.

Dengan ditemukannya air, NASA semakin optimis untuk melanjutkan proyek misi mengirim manusia ke planet mars pada tahun 2030 nanti, tetapi masih memerlukan penelitian panjang untuk menentukan kelayakhunian Mars, termasuk penelitian soal unsur kimia pada air asin di Mars. “Ini belum tentu layak huni hanya karena keberadaan air,”

NASA temukan air di planet mars, ada kehidupan? | Admin | 4.5
Leave a Reply